Superman: Brainiac Attacks
Superman: Brainiac Attacks

Superman: Brainiac Attacks adalah film pahlawan super animasi Amerika Serikat tahun 2006 dari Warner Bros. Animation. Dirilis pada 20 Juni 2006, sebagai ikatan pemasaran dengan Superman Returns, film ini menampilkan Superman melawan kekuatan Lex Luthor dan Brainiac, serta hubungannya dengan Lois Lane.

Alur Cerita

Brainiac mendarat kembali di Bumi dan menyusup ke Lex Labs untuk mengumpulkan data Bumi dan mengumpulkan kekuatan sistem senjatanya. Lois Lane dan Jimmy Olsen dikirim ke salah satu laboratorium Lex Luthor setelah Brainiac tiba di Bumi dengan meteor, berhasil menghindari upaya yang dilakukan oleh satelit Luthor untuk menghancurkannya demi meningkatkan popularitasnya melawan Superman. Superman segera tiba dan menemukan Brainiac mengunduh data dari komputer-komputer dengan informasi terkait persenjataan LexCorp. Setelah pertempuran, Superman tampaknya menghancurkan Brainiac dengan napas esnya.

Menyaksikan insiden itu, dan melihat bagaimana satelitnya bisa digunakan sebagai senjata efektif melawan Superman, Luthor menemukan chip otak Brainiac yang masih utuh dan menggunakannya untuk mengaktifkannya kembali. Lalu dia menyarankan bahwa Brainiac, dengan teknologi LexCorp serta Kryptonite, dapat mengalahkan Superman, dan kemudian Luthor akan ikut campur untuk mengusir Brainiac dari Bumi, membuatnya terlihat seperti pahlawan, di mana dia kemudian bebas untuk menaklukkan planet lain, meninggalkan Luthor sebagai pemimpin Bumi. Brainiac menerima perjanjian tersebut, dan melanjutkan untuk membangun kembali dan meningkatkan dirinya.

Sementara itu, Clark Kent mempertimbangkan untuk mengungkap identitas rahasianya kepada Lois. Kesempatan itu muncul ketika editor Perry White, karena kekurangan staf, mengirim baik Kent maupun Lois untuk mengulas sebuah restoran di Metropolis. Namun, selama waktu ini, Brainiac kembali, melukai Superman dan Lois dengan sinar Kryptonitenya. Terungkap bahwa Lois telah terinfeksi oleh racun berbasis logam Kryptonite yang jika tidak diobati, akan membuktikan fatal.

Merasa bersalah, Superman mendapatkan sampel darah Lois dari rumah sakit dan kembali ke Benteng Kesunyian untuk menganalisanya, menemukan bahwa satu-satunya obat untuk kondisinya adalah zat kimia Argonium 44, yang diperoleh dari Zona Phantom. Namun, Brainiac dapat melacak Superman di tempat peristirahatan Antartika, dan mencoba mengunduh informasi tentang Krypton dari komputernya. Superman kemudian memulai urutan penghancuran diri dan melarikan diri ke Zona Phantom, dengan Brainiac menganggapnya mati.

Brainiac kembali ke Metropolis di mana Luthor menunggu untuk memenuhi perjanjian mereka. Jimmy menyelidiki Lex dan menyadari bahwa dia bekerja sama dengan Brainiac. Namun, Brainiac berniat membunuh Luthor untuk menaklukkan Bumi, dan bahkan telah menghapus komponen penghancur diri yang telah ditanam oleh Luthor jika Brainiac mengkhianatinya. Superman tampaknya kembali melalui portal dan menyembuhkan Lois, tetapi saat membawanya keluar dari rumah sakit, ia menyadari ini adalah ilusi yang diciptakan oleh Zona Phantom. Setelah ini, dia dikejar dan diserang oleh beberapa Phantom sebelum berhasil melarikan diri.

Kembali ke Metropolis, Superman dan Brainiac terlibat dalam pertempuran panjang, di mana Luthor terluka dalam tembak-menembak. Mercy Graves menemukan Jimmy mencari bukti melawan Luthor dan brutal menyerangnya. Akhirnya, dia mengambil alih salah satu eksoskeleton robot Lex dan memukulkannya pingsan. Sayangnya, kameranya hancur oleh serangannya, mencegahnya mendapatkan bukti skema Lex. Superman tampaknya mengalahkan Brainiac dan kemudian kembali ke rumah sakit untuk menyembuhkan Lois. Tetapi sebelum Lois bisa mengambil obatnya, Brainiac menyerang rumah sakit dan menghancurkan obatnya, sebelum Superman menghancurkannya dengan memecahkan chip otaknya.

Dengan obat sekarang hancur, Lois menghadapi kematian tertentu. Superman, menyesal tidak pernah memberitahu Lois perasaan sejatinya, kemudian memeluknya. Saat itu air matanya, yang mengandung Argonium 44 yang telah menyembuhkannya sebelumnya, bersentuhan dengan Lois, menyembuhkannya. Dia menganggapnya sebagai Clark, tetapi Superman meyakinkannya sebaliknya. Kemudian, Superman mengambil kembali potongan teknologi Krypton yang hancur, berencana untuk menggunakannya untuk membangun kembali bentengnya. Dia kemudian bersumpah untuk berhenti dari pekerjaannya di Daily Planet dalam upaya mencegah bahaya pada orang-orang yang dicintainya, jika musuh-musuhnya menemukan identitas rahasianya.

Film berakhir dengan Luthor yang terluka menghadapi tuntutan pidana atas keterlibatannya dalam serangan Brainiac, dan Lois berlomba untuk meliput munculnya Mister Mxyzptlk di Metropolis. Melihat kegigihan Lois untuk menempatkan dirinya dalam bahaya untuk meliput sebuah berita, Superman kembali menarik keputusannya sebelumnya untuk berhenti dari Daily Planet agar dia bisa bersamanya.

Cast

  • Tim Daly as Kal-El / Clark Kent / Superman
  • Lance Henriksen as Brainiac
  • Powers Boothe as Lex Luthor
  • Dana Delany as Lois Lane
  • George Dzundza as Perry White
  • David Kaufman as Jimmy Olsen
  • Mike Farrell as Jonathan Kent
  • Shelley Fabares as Martha Kent
  • Tara Strong as Mercy Graves

Production

Film ini disutradarai oleh Curt Geda, yang bekerja pada Superman: The Animated Series. Gaya klasik diinginkan oleh Warner Bros, dengan Geda menambahkan lebih banyak humor dan romansa daripada yang sebelumnya dieksplorasi dalam seri animasi. Meskipun gaya visual film ini dan sebagian besar pengisi suara nya sama dengan Superman: The Animated Series, penulis Duane Capizzi telah menyatakan bahwa film ini tidak dimaksudkan untuk menjadi bagian dari DC Animated Universe. Selain itu, anggota pemeran DCAU seperti Clancy Brown (Lex Luthor), Corey Burton (Brainiac), dan Lisa Edelstein (Mercy Graves) tidak hadir dalam film ini, dengan Powers Boothe, Lance Henriksen, dan Tara Strong mengisi suara karakter mereka masing-masing.

Perlu dicatat, representasi Lex Luthor dalam film ini, bukannya menjadi sosok industrialis yang dingin dan kalkulatif seperti yang digambarkan dalam Superman: The Animated Series, tampaknya mencakup elemen-elemen dari penampilan karakter yang kurang serius oleh Gene Hackman dalam film aksi langsung, menjadikan Luthor lebih bersifat ringan dan gelap dengan sentuhan whimsical.