Batman and Superman: Battle of the Super Sons
Batman and Superman: Battle of the Super Sons

Batman and Superman: Battle of the Super Sons adalah film pahlawan super animasi Amerika 2022 yang diproduksi oleh Warner Bros. Animation dan berdasarkan komik dengan nama yang sama. Ini adalah film ke-49 dalam DC Universe Animated Original Movies dan film animasi CGI penuh pertama dari DC Entertainment. Film ini ditulis oleh Jeremy Adams dan disutradarai oleh Matt Peters, serta dibintangi oleh Jack Dylan Grazer dan Jack Griffo sebagai Jonathan Kent dan Damian Wayne. Film ini tayang perdana pada 7 Oktober 2022 di New York Comic Con, dan dirilis ke video rumahan pada 18 Oktober 2022. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus.

Alur Cerita

Saat planet Krypton hampir meledak, Jor-El dan Lara meletakkan putra bayi mereka, Kal-El, di dalam pesawat luar angkasa menuju Bumi. Parasit alien bernama Starro melarikan diri dari penahanannya di laboratorium Jor-El dan menyelinap ke dalam pesawat sebelum dikirim ke Bumi tetapi jatuh dari pesawat tersebut sebelum perjalanan berakhir. Pesawat mendarat di Kansas di mana Kal-El dibesarkan oleh Jonathan dan Martha Kent, dan diberi nama Clark. Clark menemukan bahwa dia memiliki kemampuan super manusia dan menjadi Superman. Dia mengungkapkan identitasnya kepada Lois Lane; keduanya menikah dan memiliki seorang putra bernama Jon.

Beberapa tahun kemudian, Keluarga Kent tinggal di Smallville. Jon frustasi dengan kepergian ayahnya yang sering tanpa sadar bahwa Clark adalah Superman. Suatu malam, Superman menyelamatkan Menara Pengawas Liga Keadilan dari jatuh dari orbit setelah terkena serpihan ruang angkasa. Superman harus pergi menyelamatkan Jepang dari tsunami. Di Menara Pengawas, Green Arrow diserang oleh makhluk.

Keesokan harinya, Jon mengembangkan penglihatan panas. Clark mengungkapkan bahwa dia adalah Superman dan membawa Jon ke Kota Gotham untuk bertemu dengan Batman untuk meminta saran kapan atau apakah kekuatan lain Jon bisa muncul. Jon bertemu dengan putra Batman, Damian Wayne, yang awalnya kasar padanya. Batman mengungkapkan kepada Superman bahwa dia kehilangan kontak dengan Menara Pengawas dan keduanya berangkat ke Menara Pengawas untuk melihat apa yang terjadi setelah Superman mengantarkan Jon kembali ke Smallville. Ketika Batman dan Superman tiba di Menara Pengawas, Martian Manhunter yang terinfeksi menginfeksi mereka dengan spora Starro.

Kembali ke Batcave, Batman yang terinfeksi mencoba menginfeksi Damian tetapi anak itu memotong spora tersebut. Setelah Damian menipu spora Batman untuk berpikir bahwa telah berhasil membunuhnya, dia mendengar bahwa Starro telah berhasil menginfeksi Liga Keadilan dan Titans Remaja dan bermaksud menginfeksi Jon selanjutnya. Damian pergi ke Smallville di mana dia dan Jon lolos dari Lois yang terinfeksi. Jon menggunakan penglihatan panasnya pada spora Starro yang menginfeksi Lois yang membebaskannya dari kendali Starro. Damian dan Jon pergi ke Benteng Kesendirian untuk menggunakan teknologi Kryptonianya untuk menganalisis fragmen spora Starro yang ditujukan untuk Damian. Setelah disalahpahami sebagai penyusup oleh Krypto, mereka bertemu dengan salinan holografis kesadaran Jor-El. Jor-El menjelaskan bahwa spora Starro dikendalikan oleh Starro hive-mind pusat. Jon dan Damian menyadari bahwa Starro ada di Menara Pengawas dan jika mereka mengalahkannya, itu akan membebaskan semua orang yang berada di bawah kendali spora.

Jon dan Damian pergi ke Menara Pengawas dengan pesawat yang membawa Kal-El ke Bumi. Di Menara Pengawas, mereka ditangkap oleh anggota Liga Keadilan dan Titans Remaja yang terinfeksi. Starro menjelaskan bahwa dia bermaksud menguras Bumi dari kehidupan setelah mengamankan kendali atas semua orang. Ketahanan Jon muncul ketika dia melompat di depan panah yang ditembakkan oleh Green Arrow yang terinfeksi pada Damian dan duo itu mampu menaklukkan pahlawan yang terinfeksi menyerang mereka. Lois dapat menghubungi Jon dari kantor Presiden Lex Luthor dan memberitahu Jon bahwa Starro rentan terhadap panas. Mereka menemukan bahwa Starro telah menjadi lebih kuat dan penglihatan panas Jon tidak lagi cukup untuk menghancurkannya. Mereka bertekad untuk menjatuhkan Menara Pengawas dari orbit dengan harapan Starro akan terbakar bersamanya saat masuk kembali.

Setelah mengungsikan semua pahlawan yang ditundukkan ke pesawat luar angkasa kembali ke Bumi, mereka dapat mengatur Menara Pengawas ke arah masuk kembali. Mereka diserang oleh Starro, tetapi dia terluka saat Menara Pengawas mulai terbakar saat masuk kembali yang menyebabkan semua spora Starro di Bumi mati. Tidak dapat melarikan diri dari Menara Pengawas, Damian dan Jon mengakui saling menghormati satu sama lain. Dibebaskan dari Starro, Superman menangkap Menara jatuh dan menyelamatkan Jon dan Damian. Starro selamat dari jatuh ke Bumi di mana dia dikalahkan oleh Jon, Damian, Batman, dan Superman bekerja sama.

Setelah itu, Damian dan Bruce mengunjungi keluarga Kent di Smallville. Jon dan Damian membahas nama untuk diri mereka sebelum akhirnya memilih Super-Sons.

Pemeran Suara

  • Jack Dylan Grazer sebagai Superboy / Jonathan Kent
  • Jack Griffo sebagai Robin / Damian Wayne
  • Laura Bailey sebagai Lois Lane
  • Troy Baker sebagai Batman / Bruce Wayne
  • Darin De Paul sebagai Lex Luthor, Starro
  • Tom Kenny sebagai Green Arrow, Penguin, Principal Cunningham
  • Nolan North sebagai Jor-El
  • Zeno Robinson sebagai Jimmy Olsen, Melvin Masters
  • Myrna Velasco sebagai Wonder Girl, Lara
  • Travis Willingham sebagai Superman / Clark Kent


Produksi dan Rilis

Pada DC FanDome 2021, DC Entertainment mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan film animasi CGI pertama mereka Battle of the Super Sons. Matt Peters menyutradarai film tersebut dari naskah yang ditulis oleh Jeremy Adams. Pemeran suara dibintangi oleh Jack Dylan Grazer, Jack Griffo, Troy Baker, dan Travis Willingham dan menampilkan suara tambahan dari Laura Bailey, Darin De Paul, Tom Kenny, Zeno Robinson, Nolan North, dan Myrna Velasco.

Film ini perdana di New York Comic Con pada 7 Oktober 2022, dan rilis langsung ke video menyusul tidak lama setelahnya pada 18 Oktober 2022.

Resepsi

Di agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini telah mendapat ulasan positif dalam 100% dari sembilan ulasan kritikus, dengan rating rata-rata 7.9/10. Jesse Schedeen di IGN menemukan film ini cukup dapat diprediksi namun berhasil dalam menunjukkan hubungan yang menyenangkan antara para pahlawan muda.